Apa Beda Database SQL dengan Postgree?

illustration-mysql-vs-postgres
Bagi seorang web developer mungkin sudah tidak asing dengan perbedaan database SQL dengan Postgree, akan tetapi untuk orang awam keduanya merupakan sama-sama alat manajemen basis data yang akan sangat membantu dalam mengelola data-data secara benar dan efisien.

Sebenarnya ada banyak pilihan sistem database yang bisa digunakan di layanan web hosting murah seperti DomaiNesia, akan tetapi database SQL dan postgree merupakan yang paling populer dan banyak digunakan oleh para web developer untuk membantu pekerjaan mereka supaya menjadi lebih mudah dan praktis.

Pada kesempatan kali ini kami akan bahas tentang perbedaan database SQL dengan Postgree. Namun, sebelum itu kita akan bahas dulu apa itu database SQL dan postgree dan apa saja kelebihan dari masing-masing database tersebut.

Apa itu MySQL?

MySQL atau SQL merupakan sebuah relasional database manajemen sistem yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Spotify, YouTube dan bahkan Facebook. Sistem database ini mulai dikembangkan pada tahun 1994 dan mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga menjadi database yang tingkat skalabilitasnya sangat tinggi.

SQL adalah database yang bisa digunakan untuk berbagai jenis sistem operasi seperti Linux, Windows atau Mac OS. Berikut adalah kelebihan dari database SQL:

1.Bersifat Open Source

Kelebihan pertama dari SQL yaitu memiliki sifat open source sehingga penggunanya cukup terbuka untuk siapapun, begitu pula dengan pengembangannya. Meskipun sebenarnya sistem database ini berada di bawah kepemilikan Oracle akan tetapi sifatnya bebas digunakan. Jadi kamu tidak perlu membayar biaya apapun untuk memanfaatkan SQL.

2.Mudah Digunakan

Kelebihan yang kedua yaitu mudah digunakan karena arsitektur database SQL cukup sederhana dan compact. Kamu bahkan bisa mempelajari SDL hanya dengan memahami command lines dasarnya.

3.Sifatnya Portable

SQL dapat digunakan untuk berbagai jenis sistem operasi baik itu Windows, Linux sampai dengan Mac OS sehingga bagi kamu yang ingin mengembangkan aplikasi web dengan target berbagai macam platform maka SQL sangat direkomendasikan.

Apa itu Postgree?

Sebelum mengetahui perbedaan database SQL dengan postgree tidak ada salahnya juga kamu mempelajari terlebih dahulu apa itu postgree dan apa saja kelebihan yang dimilikinya sehingga banyak orang yang menggunakannya.

Postgree sendiri merupakan sebuah manajemen database relasional yang berbasis open source dan memanfaatkan SQL sebagai bahasa query yang utama. Postgree memiliki pengguna lebih dari 5000 perusahaan termasuk Netflix, Redit dan Instagram. Berikut ini adalah kelebihan postgree:

1.Murah

Kelebihan postgree yang pertama yaitu tidak terkait dengan lisensi apapun sehingga sistem database ini memiliki sifat open source. Hal itu berarti kamu bisa mengakses kode-kode postgree dengan mudah untuk kepentingan bisnismu. Karena bersifat open source membuat postgree cukup terjangkau dari segi harga karena tidak ada lisensi yang perlu dibayarkan.

2.Dukungan Komunitas

Postgree didukung oleh komunitas yang cukup besar dan mendukung sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila menemui kesulitan saat menggunakannya. Komunitas memiliki kontribusi cukup besar terhadap perkembangan postgree sehingga sejak tahun 90an postgree terus digunakan dari waktu ke waktu.

3.Ekstensibilitas

Postgree memiliki fungsi atau kapabilitas tambahan sehingga arsitekturnya bisa diperluas. Saat kamu menginginkan fungsi tambahan, maka sistem postgree mampu mewujudkan hal itu sebagai langkah untuk menyesuaikan prosedur di database.

Perbedaan Database SQL dengan Postgree

Setelah membahas pengertian dari masing-masing database beserta dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, saatnya kita bahas mengenai perbedaan SQL dan postgree.

1.Fitur MVCC

Perbedaan database SQL dengan Postgree bisa dilihat dari segi konkurensi. Postgree jauh lebih unggul di bidang konkurensi jika dibandingkan dengan SQL. Hal ini disebabkan karena postgree didukung oleh fitur MVCC atau multiversion concurrency control sehingga memungkinkan banyak orang sekaligus untuk melakukan interaksi dan juga mengakses database dalam waktu bersamaan. Hal itu membuat kinerja postgree menjadi jauh lebih efisien. Kapasitas

Perbedaan database SQL dengan Postgree bisa dilihat dari segi kapasitas. Untuk segi kapasitas postgree jauh lebih unggul daripada SQL. Hal ini disebabkan karena postgree memang dirancang secara khusus untuk pengelolaan database berukuran besar. Postgree dapat mengelola data dengan jumlah sekitar 4 petabytes yang setara dengan 4000 TB.

2.Performa

Untuk segi performa SQL jauh lebih unggul karena dipengaruhi oleh tingkat kecepatan yang jauh lebih baik dibanding dengan postgree. Tentu sebagai pengguna kamu akan jauh lebih menyukai database yang memiliki performa bagus, terutama untuk segi kecepatan. Dengan menggunakan SQL maka pengelolaan proses input dan akses data jauh terasa lebih cepat.

Baik SQL maupun postgree, keduanya merupakan alat manajemen berbasis data yang akan sangat membantu pekerjaan kamu. Akan tetapi jika melihat perbedaan database SQL dengan Postgree pasti jauh lebih unggul postgree. Postgree merupakan versi terbaru dari SQL sehingga memiliki banyak fitur tambahan dan bisa diakses secara gratis. Postgree juga bisa dimanfaatkan menggunakan sistem operasi apapun.